Cokelat Perbaiki Kerja Pembuluh Darah Diabetesi 23/09/2008
Posted by WAROENG COKELAT in Info Cokelat.trackback
JAKARTA– Ada kabar baik untuk para penyandang diabetes mellitus atau diabetesi. Riset yang dilakukan para ahli di Jerman menyimpulkan, secangkir minuman cokelat diyakini mampu memperbaiki kerja pembuluh darah pada diabetesi.
Dalam riset itu, para ahli memberikan tiga cangkir minuman cokelat yang telah diformulasi secara khusus setiap hari selama sebulan kepada diabetesi. Hasilnya, pembuluh darah mereka yang semula rusak berat, berfungsi normal kembali.
Diduga, hal itu terjadi berkat flavanol, salah satu zat aktif yang terkandung pada cokelat. Selain cokelat, zat antioksidan tersebut juga terdapat pada beberapa jenis sayuran, buah-buahan, teh hijau, dan lain-lain. Beberapa studi lainnya juga telah mengungkap manfaat flavanol untuk kesehatan.
Dalam studi itu, para peneliti dari University Hospital Aachen, Jerman, menggunakan cokelat yang telah diperkaya dengan flavanol. Dr Malte Kelm, yang memimpin riset mengatakan, flavanol bekerja dengan meningkatkan produksi nitric oxide, zat kimiawi di dalam tubuh yang akan membantu melenturkan dan melebarkan pembuluh darah.
”Pengidap diabetes tipe II tentu boleh-boleh saja mengonsumsi cokelat untuk gaya hidup sehat mereka, tapi studi ini tidak bertujuan mendorong diabetesi untuk mengonsumsi lebih banyak cokelat,” kata Kelm.
Dia menambahkan, riset tersebut menunjukkan asupan flavanol mungkin diperlukan untuk mencegah komplikasi berupa gangguan kardiovaskuler pada diabetesi. (bbchealth/hid/ri)
sumber : http://www.republika.co.id/launcher/view/mid/19/news_id/4429

thx infonya yah ^_^
sama-sama Mba Irma. dan terimakasih telah mampir.
klo kebanyakan cokelat itu sama aja dengan kebanyakan gula ga sih???
mohon maaf buat rekan2 karena baru balas…tapi jangan turun semangat untuk cicip cokelat ya…
jawabannya, beda dong pak…gula tidak baik untuk diabetes, tapi kalo cokelat (banyak referensi bilang) baik untuk penderita diabetes, tapi kedua-duanya kalo kebanyakan ya tidak baik…